11 Tips Sukses Menjaga Kesehatan Tubuh

11 Tips Sukses Menjaga Kesehatan Tubuh

Tubuh kita yang diberikan Allah subhanahuwata'ala harus kita syukuri dan kita jaga dengan baik. Apabila kita menjaga tubuh kita dengan baik itu juga sudah bagian dari rasa syukur kita.
Jadi bagaimana sih cara kita menjaga agar tubuh kita tetap sehat? Tentunya salah satunya kita harus makan yang teratur dan makanan yang bergizi dan sehat.

11 Tips Sukses Menjaga Kesehatan Tubuh

Menjaga kesehatan tubuh merupakan suatu hal yang sangat penting. Disaaat kondisi tubuh Kita sehat tentunya aktivitas sehari-hari yang Kita lakukan bisa berjalan dengan baik dan lancar. Meski kesehatan merupakan suatu hal yang sangatlah penting, tetapi kebanyakan orang tidak mengerti bagaimana sih cara menjaga kesehatan tubuh Kita dengan baik.

Sehat itu ada dua, sehat jasmani dan rohani. Apabila tubuh kita sehat tapi rohani kita tidak sehat juga pastinya bermasalah dan bisa mengakibatkan Kita stress dan bahkan gila. Dan bila rohani kita sehat tapi jasmani tidak sehat juga akan mengganggu aktivitas. Misalnya apabila kita kena jantung, tentunya sangat mengganggu aktivitas kita. Jadi menjaga kesehatan rohani dan jasmani itu harus dijaga secara bersamaan.

Berikut adalah tips menjaga kesehatan tubuh yang bisa Anda lakukan, di antaranya:

1. Melaksanakan ibadah shalat (Bagi Yang Muslim)

Dengan kita melakukan ibadah shalat, hal ini akan menjadikan tubuh kita sehat baik jasmani dan rohani. Secara gerakana fisik para ahli sudah meneliti bahwa gerakan shalat sangat baik untuk kesehatan. Dan secara rohani kita akan selalu berserah diri kepada Allah subhanahuwata'ala. Sehingga menjadikan hati kita tenang dan tentram, dan rohani kita sehat.

2. Selalu berpikir positif

Dengan kita selalu berpikir positif maka akan membuat hati dan pikiran kita tenang dan sehat. Dengan kondisi hati dan pikiran yang sehat secara otomatis tubuh kita akan sehat. Maka usahakan selalu berpikiran positif terhadap segala sesuatu yang menerpa Anda, selalu ingat setiap masalah pasti ada solusinya.

3. Atur waktu istirahat dengan baik

Cara menjaga kesehatan tubuh yang dapat dengan mudah dilakukan adalah dengan istirahat. Kelelahan setelah beraktivitas seharian merupakan salah satu penyebab menurunnya daya tahan tubuh. Jadi, mengistirahatkan tubuh merupakan langkah yang tepat untuk menghilangkan rasa lelah dan penat setelah sehari beraktivitas.

Saat waktu istirahat tubuh terganggu maka risiko yang bisa terjadi adalah munculnya stres. Stres sendiri sudah terbukti bisa menurunkan kekuatan sistem kekebalan tubuh, yang pada akhirnya bisa membuat Anda mudah terkena penyakit.

4. Olahraga secara teratur

Cara menjaga kesehatan tubuh yang satu ini sering kali orang males melakukannaya, yaitu olahraga secara teratur. Padahal cara ini bertujuan untuk menjaga kondisi tubuh selalu bugar. Tidak hanya baik untuk kesehatan secara umum, cara ini juga bisa digunakan untuk mengelola masalah kesehatan lain seperti osteoporosis, diabetes, tekanan darah tinggi, hingga kanker.

Agar Anda mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya Anda meluangkan waktu setidaknya 20-30 menit setiap harinya untuk olahraga. Banyak sekali olahraga sederhana yang bisa dilakukan secara gratis, seperti jalan kaki, lari, senam dan masih banyak yang lainnya. Jadi jangan lupa berolahraga yah.

5. Makan dengan porsi wajar dan sehat

Cara menjaga kesehatan yang satu ini sering kali disepelekan, namun sebenarnya sangat berpengaruh pada kesehatan secara umum. Makan dengan porsi wajar sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Apabila Anda mengalami kegemukan, maka Anda berisiko tinggi terkena penyakit jantung, diabetes, dan stroke.

6. Konsumsi makanan berserat

Cara menjaga kesehatan tubuh berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi makanan berserat seperti, buah, sayur dan kacangan-kacangan setiap harinya. Makanan-makanan berserat mampu menjaga tubuh Anda dari serangan bakteri. Pastikan makanan yang Anda makan sudah higienis.

Konsumsilah aneka jenis sayuran seperti terong, labu, wortel, brokoli, mentimun, kol, hingga paprika. Selain sayuran, aneka jenis buah juga sangat baik untuk kesehatan seperti alpukat, stroberi, mangga, kiwi, apel, nanas hingga lemon.

Perlu diketahui, sayuran mengandung berbagai macam nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan tubuh. Sedangkan, buah-buahan dipercaya sangat baik bagi Anda yang sedang menjalani diet.

7. Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Minum air putih sangatlah mudah dilakukan, dan tentunya diseitar kita akan selalu ada air putih. Meski ini adalah cara menjaga kesehatan tubuh yang paling mudah, faktanya banyak orang tidak melakukannya dengan baik. Banyak artikel kesehatan menyarankan Anda untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh karena melihat manfaat yang bisa didapatkannya. Minimal delapan gelas air putih perharinya merupakan jumlah yang harus dipenuhi untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh.

8. Menjaga berat badan ideal
Apakah berat badan Anda masuk dalam kategori ideal? untuk mengeceknya Anda bisa melakukan pengecekan indeks masa tubuh (IMT). Berbagai macam penyakit yang bisa terjadi akibat kelebihan berat badan adalah diabetes, kolesterol, jantung hingga stroke.

9. Murah senyum dengan orang sekitar

Senyum adalah sesuatu yang sangat mudah dilakukan, akan tetapi tidak semua orang mudah memberikan senyum kepada orang lain. Padalah senyum bisa memberikan dampak kesehatan pada tubuh kita secara umum dan wajah kita secara khusus. Hal ini sangat dianjurkan untuk dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Selain kesehatan jasmani, tersenyum juga berguna untuk kesehatan rohani Anda.

Sebuah penelitian mengungkapkan, isolasi sosial bisa meningkatkan stres dan memperlambat respon kekebalan tubuh dan kemampuan untuk menyembuhkan dengan cepat. Bahkan, rasa kesepian juga bisa memicu munculnya beberapa penyakit.

10. Menghindari rokok dan alkohol

Bagi Anda yang ingin kesehatannya terus terjaga dengan baik, mulai sekarang Anda harus berhenti untuk mengonsumsi alkohol. Dampak negatif yang bisa ditimbulkannya adalah masalah ginjal, hati, hingga kanker. Selain alkohol, rokok juga harus Anda hentikan karena memicu penyakit pernapasan, kardiovakular hingga kanker.


11. Menjaga tekanan darah tetap baik

Cara menjaga kesehatan tubuh lainnya adalah dengan mengendalikan tekanan darah. Jika Anda mampu menjaga tekanan darah dengan baik, maka hal ini dapat mencegah kerusakan di dinding arteri. Rutinlah periksakan tekanan darah pada ahli kesehatan.

Demikian informasi tentang 11 Tips Sukses Menjaga Kesehatan Tubuh, semoga bermanfaat untuk kita semuanya.

Silahkan di bagikan ke orang lain.

Baca artikel lainnya.
RMKS (ResepMakaKuSuka.Com)

0 komentar

Berita

Kuliner

Lihat Video

Resep Ikan dan Seafood