Resep Pisang Sale Goreng Kering Crispy

Resep Pisang Sale Goreng Kering Crispy


Pisang di negara tercinta Indonesia ini memang begitu banyak dan melimpah. Beraneka macam jenis pisang ada di Indonesia. Ada pisang yang jenisnya bisa langsung di makan tanpa di goreng, dan ada juga pisang yang nikmatnya kalau di goreng. Ada pisang ambon, pisang ulin, pisang raja, pisang kepok, pisang batu, pisang tanduk, pisang kuda dan lainnya. Dan ada pisang yang bisa di olah menjadi pisang sale goreng kering crispy. Mau tahu apa itu? Yuk baca lanjut ya sahabat RMKS.

Resep Pisang Sale Goreng Kering Crispy

Dulu waktu saya masih kecil orang tua sering buat pisang sale goreng kering crispy, biasanya itu karena banyak pisang dan sayang kalau busuk karena terlalu matang dan ngga ada yang makan. Makannya biar pisang jangan sampai busuk, ibuku membuat pisang sale, jadi pisang yang sudah matang tapi tidak terlalu matang, biasanya pisang tanduk/ambon/pisang batu pun bisa di buat pisang sale.
Resep Pisang Sale Goreng Kering Crispy

Sebenarnya cara membuat pisang sale goreng crispy itu sangat mudah kok sahabat RMKS. Nah penasaran bagaimana cara buatnya? Yuk kita simak penjelasannya dibawah ini.

Resep Pisang Sale Goreng Kering Crispy



Bahan Pisang Sale Goreng Kering Crispy:

  • 4 sisir pisang tanduk/ambon, yang sudah matang (di kupas, di iris dan di jemur)
  • 1000 gram tepung terigu
  • 500 gram gula pasir
  • 2 sdt vanili bubuk
  • 2000 ml minyak goreng (untuk menggoreng)
  • 800 ml air putih


Cara Membuat Pisang Sale Goreng Kering Crispy:

  1. Pertama yaitu pilih pisang yang sudah kuning atau mulai matang, tapi jangan terlalu matang.
  2. Kemudian kupas pisang dan buang kulinya, lalu iris tipis-tipis dan selanjutnya dijemur sampai kering kecoklatan.
  3. Kalo pisang yang di jemur sudah kering kecoklatan baru bisa digoreng.
  4. Sipkan tepung terigu, kemudian campur tepung terigu dengan gula pasir, vanili bubuk dan tuangi air sedkit demi sedikit sambil diaduk-aduk sampai rata dan adonan sedikit encer, jangan terlalu kental bir hasilnya maksimal dan crispy.
  5. Selanjutnya masukkan pisang yang sudah kering kedalam adonan, kemduian lumuri sampai rata dan goreng dalam minyak panas dengan api besar sampai pisang sale matang merata dan berwarna kecoklatan. Setelah matang lalu angkat tiriskan diatas tampah atau tempat yang lebar dan adi atasnya taruh kertas tisue supaya minyak terserap dan sale benar-benar kering. 
  6. Apabila sudah tidak panas dan minyak sudah berkurang, bisa langsugn di santap atau kali mau di simpan masukkan ke toples dan tutup rapat agar tidak mlempem dan awet.

Selamat mencoba dan menikmatinya.

Baca Artikel lainnya:
Resep Krengsengan daging sapi
RMKS (ResepMakaKuSuka.Com)

0 komentar

Berita

Kuliner

Lihat Video

Resep Ikan dan Seafood