Makanan Yang Mengandung Vitamin D

Makanan Yang Mengandung Vitamin D


Berbicara mengenai vitamin, sudah tidak asing lagi bagi kita. Dari kita kecil terutama pada saat kita Sekolah Dasar, sudah di kenalkan tentang vitamin. Hal ini karena vitamin itu sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Ada vitamin B, Vitamin C, Vitamin D, Vitamin E, dan Vitamin K, semunya sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia, dan mempunyai manfaat dan fungsinya masing-masing. Sehingga apabila tubuh kita kekurangan salah satu vitamin maka akan mempengaruhi kondis tubuh kita. Misal kekurangan vitamin D bisa mengakibatkan gigi dan tulang rapuh.

Vitamin D sendiri sebenarnya sangatlah mudah di dapat, terutama bagi kita yang tinggal di Indonesia, karena Indonesia negara tropis yang sangat mudah untuk mendapatkan sinar matahari. Ya, matahari mengandung vitamin D, jadi apabila kulit tubuh kita terkena sinar matahari terutama di pagi hari maka secara alami kita akan mendapatkan vitamin D.

Apa sih sebenarnya manfaat vitamin D bagi tubuh manusia? 
Vitamin D dapat mengendalikan laju pertumbuhan tulang dan gigi, sehingga gigi dan tulang tetap sehat dan kuat. Nah vitamin D sendiri membantu penyerapan zat kalsium dan magnesium ke semua bagian tubuh kita yang sedang memerlukan. Kemudian vitamin D bisa menjaga kebutuhan kadar kalsium dan fosfor dalam darah, sehingga darah tetap sehat. Jadi vitamin D benar-benar sangat dibutuhkan oleh tubuh kita, sehingga kita harus tahu makanan apa yang mengandung vitamin D. Sehingga kita tidak kekurangan vitamin D.

Seperti sudah disampaikan diatas, tubuh kita membutuhkan vitamin D, dan kita harus tahu makanan yang mengandung vitamin D, makanan apa saja yang mengangung vitamin D? Berikut ini makanan yang mengandung vitamin D.

1. Keju
Keju merupakan makanan yang berasal dari susu yang sudah di proses sehingga berbentuk padat, dan biasanya ada yang warnanya kuning dan juga putih. Keju merupakan salah satu makanan yang mengandung vitamin D disamping mengandung vitamin lainnya, dan juga keju mengandung protein dan kalsium. Sehingga kalau kita mengkonsumi keju berarti kebutuhan akan vitamin D akan tercukupi dengan baik.

Makanan Yang Mengandung Vitamin D


2. Ikan Tuna Kaleng
Jadi ikan tuna yang diproses atau diolah dan di masukkan kedalam kaleng ini banyak mengandung vitamin D. Vitamin D dalam ikan tuna kaleng dapat membantu sistem imunitas tubuh, memperkuat tulan dan gigi.

3. Ikan Salmon
Kandungan nutrisi ikan salmon sangat banyak dan lengkap, biasanya ikan salmon sering dijadikan makanan mentah atau sushi oleh orang Jepang. Ikan salmon sangat banyak mengandung vitamin D yang tentunya sangat baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Bahkan ikan salmon bisa meningkatkan kadar kolagen sehingga akan memperkuat tulang rawan.

4. Ikan Sarden
Ya jenis ikan sarden ini memang sudah sangat terkenal di Indonesia, apalagi banyak ikan sarden yang sudah dalam bentuk kalengan. Ikan sarden ini banyak mengandung vitamin D, sehingga sangat baik untuk kesehatan tulang dan gigi.

Demikian beberapa makanan yang mengandung vitamin D, semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Baca Artikel lainnya.
Resep Pancake
Resep Kroket Kentang Wortel
RMKS (ResepMakaKuSuka.Com)

0 komentar

Berita

Kuliner

Lihat Video

Resep Ikan dan Seafood